Perbedaan Tugas Doula dan Bidan untuk Wanita Hamil

Perbedaan Tugas Doula dan Bidan untuk Wanita Hamil

Sebagian wanita hamil sudah menyewa pelatih energi kerja, atau umum disebut doula, untuk menolong mereka selama cara kerja kelahiran. Ada juga doula yang berspesialisasi dalam menolong keluarga sesudah bayi lahir, meringankan muatan kehidupan sehari-hari sehingga Anda bisa berfokus pada bayi.

Di Indonesia, doula mungkin belum ditemukan, tak seperti di negara lain. Sebetulnya tugas seorang doula amat menolong Anda dalam berurusan dengan persalinan atau via jangka waktu postpartum.

Perbedaan antara doula dan bidan

Kebanyakan orang menganggap bidan dan doula mempunyai peran yang sama. Peran mereka serupa, sebab mereka berdua ialah orang yang sama-sama menolong wanita via kerja. Banyak wanita hamil juga percaya mereka sepatutnya memilih satu di antara doula dan bidan.

Melainkan bidan dan doula mempunyai peran yang amat berbeda. Memahami perbedaan antara keduanya dan memahami peran orang yang akan menunjang Anda bisa menolong Anda membikin keputusan penting perihal kelahiran.

Apa tugas bidan?

Tergantung di mana Anda tinggal, kemungkinan bidan mempunyai batasan dan praktik yang berbeda. Bidan didefinisikan sebagai orang yang dilatih untuk merawat wanita selama kehamilan, kelahiran, dan jangka waktu nifas.

Bidan memberikan dukungan terhadap wanita yang melahirkan di rumah sakit, klinik bersalin, atau di rumah. Bidan ialah profesional kesehatan dan bisa mengidentifikasi dan mengobati komplikasi atau mencari tuntunan medis, seandainya dibutuhkan.

Bidan bisa:

  • Berikan anjuran atau lakukan percobaan selama kehamilan.
  • Berikan anjuran kesehatan selama kehamilan, kelahiran, dan pasca melahirkan.
  • Resep obat atau vitamin untuk wanita hamil untuk perawatan kehamilan.
  • Pantau ibu dan bayi selama persalinan dan kelahiran.
  • Lakukan pemeriksaan jasmani selama kehamilan dan persalinan serta sesudah lahir seandainya dibutuhkan.
  • Konsultasikan dengan dokter kandungan seandainya komplikasi kehamilan terjadi di luar ruang lingkup praktik bidan.

Apa itu profesi doula?

Doula didefinisikan sebagai orang yang memberikan dukungan jasmani dan emosionil selama kehamilan, persalinan, dan jangka waktu pascanatal. Doula menunjang wanita yang melahirkan dalam seluruh keadaan. Apabila doula dipekerjakan oleh seorang ibu yang melahirkan di rumah sakit, tanggung jawab ada pada ibu yang melahirkan, tak ada kekerabatan dengan rumah sakit. Doula bukan profesional kesehatan dan tak memberikan anjuran medis atau melaksanakan prosedur medis.

Doula bisa:

  • Bangun kekerabatan dengan Anda selama kehamilan.
  • Berikan dukungan dikala Anda lewat pengalaman melahirkan.
  • Tolong menghasilkan agenda kelahiran.
  • Memberikan bantuan sehingga Anda membikin keputusan menurut info.
  • Bicarakan alternatif persalinan.
  • Pakai bermacam-macam teknik selama persalinan untuk memberikan kenyamanan.
  • Berikan anjuran perihal posisi dan teknik selama persalinan.
  • Berikan dukungan untuk membikin Anda merasa percaya diri dalam berdiskusi dengan dokter perihal opsi atau kecemasan medis.
  • Berikan dukungan sesudah lahir pantas keperluan.

Doula tak akan memantau Anda dan bayi Anda, memeriksa temperatur tubuh Anda atau tekanan darah, melaksanakan pemeriksaan Miss V, atau prosedur medis lainnya. Doula tak akan membikin keputusan perihal perawatan untuk Anda dan bayi Anda, tapi akan memberikan dukungan untuk Anda.

Doula jam kerja

Sebagian doula berprofesi sepanjang hari. Sebagian berprofesi dalam shift 3 sampai 5 jam di siang hari atau hingga sang ayah pulang dari kerja. Sebagian doula berprofesi pada malam hari dari jam 6 petang sampai waktu tidur, sekitar jam 9 atau 10 malam, dan sebagian doula berprofesi larut malam. Sebagian doula berprofesi tiap-tiap hari, yang lain cuma berprofesi satu atau sebagian shift per pekan.

Tak seperti terapis atau psikiater, doula tak mengobati depresi pascapersalinan. Melainkan, mereka akan menolong menghasilkan daerah yang aman secara emosionil bagi para ibu. Doula akan memberikan dukungan kepadanya dalam lewat tiap-tiap fase yang sepatutnya ia lalui. Mereka meredakan sebagian tekanan ibu baru dengan membantunya pindah ke tanggung jawab baru untuk merawat buah hati secara pelan.

Dengan menjadi “ibu” dari seorang ibu, doula akan memutuskan ibu merasa dipelihara dan dirawat, serta memutuskan ibu makan dengan bagus dan cukup tidur. Kecuali itu, doula dilatih untuk menolong klien mempersiapkan diri sebagai orang tua dengan mengembangkan dukungan yang mereka berikan. Doula akan menolong klien untuk menerima rujukan dokter klinis yang ideal atau dukungan klasifikasi yang dibutuhkan.

Seorang doula akan menginginkan peran dan usul dari pasangan Anda. Ia akan mengajari keterampilan kongkret pasangan Anda untuk merawat bayi dan juga ibu. Doula juga akan berbagi info menurut bukti yang menampilkan perannya dalam sebagian pekan pertama akan mempunyai efek dramatis yang positif pada keluarga.

Sesudah Anda melahirkan, doula akan pulang dan memberikan bantuan sehingga Anda dapat lebih rileks dan lebih gampang. Tugas postpartum Doula bisa bervariasi, jadi Anda perlu memutuskan apa yang Anda butuhkan. Berikut ini sebagian hal yang Anda butuhkan dari postpartum doula:

  • Dukungan Menyusui
  • Pijat
  • Teknik memijat bayi
  • Membersihkan rumah
  • Memasak

Doula bermalam bisa menolong Anda sepanjang waktu tetapi mereka juga membutuhkan jam istirahat jadi biarkanlah Doula untuk bermain game kartu yang ada di salah satu situs rekomendasi. Pastikan Anda mengomunikasikan apa yang perlu dilaksanakan doula untuk menolong Anda, untuk memutuskan tak ada komunikasi dan keinginan yang realistis. Seumpama, ada doula yang bersedia menolong membersihkan rumah atau merawat buah hati yang lebih besar, tapi ada juga doula yang tak melaksanakan tugas ini.